1 siswa SMAN Plus Provinsi Riau Terpilih sebagai Pengajar Terbaik dalam Event Pengajar Jelajah Nusa 2019

Muhammad Abdul Raziq, salah satu siswa SMAN PLUS Provinsi Riau, berhasil menjadi peserta terbaik dalam kegiatan pengajar jelajah nusa 2019 ini yang disponsori oleh ultra milk dan Komunitas Indonesia Mengajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi anak-anak muda, baik siswa SMA maupun mahasiswa, agar dapat berkontribusi nyata dalam memajukkan pendidikan melalui kegiatan mengajar di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). 
Sebelum terpilih menjadi salah satu pengajar, ia harus melewati serangkaian seleksi terlebih dahulu, mulai dari seleksi data diri dan kontribusi sosial, esai mengenai dinamika social, lalu sesi wawancara untuk mengetahui psikologi diri peserta. Pada tahap data diri dan kontribusi social, dia menceritakan kisahnya sewaktu SMP. Ia pernah mengajar anak-anak SD di sekolah alam yang berada di Kab. Pelalawan dan membantu masyarakat disana dalam mengelola tanah yang bersifat asam menjadi tanah produktif dengan hasil penelitiannya. Akhirnya, Raziq pun dinyatakan lolos sebagai salah satu Pengajar Jelajah Nusa 2019.

Sebelum diberangkatkan ke daerah pedalaman, ia dilatih dan dibekali terlebih dahulu di Jakarta oleh para mentor dan alumni pengejar muda yang telah pernah 1 tahun mengajar di pedalaman. Setelah satu minggu menambah perbekalan ilmu, ia mendapat kesempatan untuk menginjakan kaki di tanah Borneo, Desa Petiku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ia menjadi guru selama 1 minggu di SDN 20 Longkali yang hanya memiliki siswa sebanyak 20 anak.
Selama 1 minggu disana, ia banyak melakukan berbagai aktivitas bersama anak-anak disana. Pada pagi harinya, ia mengajar dan bermain bersama anak-anak. Siang harinya ia beraktivitas bersama masyarakat setempat, seperti memanen kelapa, membuat atap dari anyaman daun, dan  menangkap kepiting. Dan sore harinya dihabiskan dengan bermain di sungai ataupun belajar bersampan dengan anak-anak setempat.
Setelah semua kegiatan itu, Raziq pun berhasil terpilih menjadi pengajar terbaik. Hal ini didasari dari penilaian individual dan kontribusi kepemimpinan Raziq dalam tim ketika merancang kegiatan-kegiatan yang kolaboratif di desanya. 
Selamat dan sukses selalu buat Muhammad Abdul Raziq!!!

Editor : Edi Sutono, M.Pd

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *