Alumni SMAN Plus Menjadi Danki Di Kedubes RI Tokyo

Sersan Taruna Marshall Wilanmer yang merupakan alumni SMAN Plus Provinsi Riau (GEN 18) menjadi Komandan Kompi (DANKI) sekaligus pelatih pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo tanggal 17 Agustus 2019 lalu.
Orang tua  Sersan Taruna Marshall Wilanmer, bapak Saut Sigiro berbagi cerita pada tim publikasi humas SMAN Plus Provinsi Riau bahwa sebagai orang tua beliau sangat bangga  karena anaknya menjadi bagian penting dari peringatan 17 Agustus 2019 di kedubes RI di Tokyo. “ inilah sebenarnya alasan saya memasukkan anak saya ke SMAN Plus Provinsi Riau karena sejujurnya dari sinilah anak saya belajar untuk mencari ilmu pengetahuan, rasa persaudaraan, harga menghargai, saling peduli, disiplin dan pembentukan mental serta karakter yang luar biasa untuk selalu mencintai tanah air dan bangsa Indonesia”.
Selanjutnya beliau juga menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi kepada SMA Negeri Plus Provinsi Riau terutama para guru yang telah turut membentuk karakter Marshall. Beliau juga merasa bangga karena anaknya pernah menjadi bagian  di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.
Cerita Sersan Taruna Marshall Wilanmer adalah sebuah cerita yang sangat inspiratif dan dapat menjadi motivasi bagi seluruh anak muda di Indonesia. Marshall Wilanmer merupakan aset bangsa Indonesia yang sangat mencinta tanah airnya. 
Kisah ini berawal tahun 2018, dimana Marshall telah menamatkan studinya di SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Berkat kemampuan dan prestasinya dalam bidang akademik yang konsisten, pada saat pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maka Marshall lulus dan diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada program studi teknik mesin dirgantara. Marshall telah merasa bahwa ITB adalah kampus yang kelak akan menjadikannya seorang teknisi mesin dirgantara yang handal. Marshall mendaftar dan kuliah di Institut Teknologi Bandung. Tetapi ibarat pepatah,  ternyata tidak semua yang kita inginkan akan menjadi kenyataan, dan itulah yang terjadi atas Marshall.  Atas saran, nasehat dan semangat yang diberikan oleh orang tua dan juga pihak keluarga. Akhirnya Marshall mengikuti tes Akademi Militer (AKMIL) dan juga Akademi Kepolisian (AKPOL) pada tahun 2018 itu juga.
Dengan penuh keyakinan dan semangat Marshall memperoleh nilai tertinggi dari tes akademik dan juga tes kesamaptaan lainnya dibandingkan peserta lain  yang berasal dari seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa anak Riau juga sangat kompetitif dan dapat berprestasi ditingkat nasional. Disisi lain, Marshall sebenarnya juga mengikuti tes Akademi Kepolisian (AKPOL), tetapi karena jadwal tes yang sangat ketat dimana Marshall pada waktu yang bersamaan Marshall juga harus mendaftar ulang di ITB dan juga mengikuti tes di Akademi Militer (AKMIL) maka ada beberapa tes di AKPOL yang tidak bisa Marshall ikuti. Sementara untuk  Akademi Militer, semua tes dapat diikuti oleh Marshall dan menjadikannya peringkat satu dari seluruh peserta tes AKMIL di Indonesia pada tahun 2018.
Keberhasilan Marshall Wilanmer menjadi siswa Akademi Angkatan Udara (AAU) juga berkat dorongan dan semangat dari seniornya yang juga berasal dari alumni SMAN Plus Provinsi Riau, yaitu Kapten Penerbang Barika Harma (Penerbang Pesawat Tempur F16 dari Lanud Roesmin Nuryadin Pekanbaru). Berkat masukan dan motivasi Kapten Penerbang Barika Harma, maka Marshall semakin yakin bahwa Angkatan Udara adalah pilihan yang tepat buatnya. Akhirnya setelah kuliah beberapa bulan di ITB, Marshall memilih Akademi Angkatan Udara (AAU) untuk masa depannya.
Marshall mengikuti pendidikan Integratif (TNI dan POLRI) selama 3 bulan di Magelang. Selama 3 bulan mereka dididik di kawah candra dimuka Magelang. Selesai menempa ilmu di kawah candra dimuka, maka 3 bulan selanjutnya mereka dididik dengan pendidikan dasar militer bersama ketiga matra (angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara). 
Kerjasama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Jepang, yaitu National Defence Academy (NDA) of Japan membawa Marshall untuk mengikuti tes beasiswa belajar di NDA of Japan. Lagi lagi Marshall Wilanmer mendapat nilai tertinggi dari tes yang diadakan oleh Kemenhan Republik Indonesia untuk beasiswa NDA of Japan. Marshall Wilanmer dipanggil oleh Kemenhan RI untuk mengikuti kursus singkat Bahasa Jepang di Kemenhan selama 3 bulan. 
Pada tanggal 30 Maret 2019, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia resmi mengirim Marshall Wilanmer ke Jepang bersama 11 negara lain yang sama sama belajar di National Defence Academy (NDA) of Japan. Tahun pertama di Jepang, Marshall Wilanmer dan teman temannya dari berbagai negara belajar pendidikan dasar matematika dan bahasa Jepang. 4 tahun berikutnya Marshall Wilanmer dan teman temannya baru akan di gembleng dengan pendidikan militer angkatan udara.
Sukses selalu buat Marshall Wilanmer, putra terbaik Riau dan terbaik Indonesia. Semoga menjadi inspirasi buat generasi muda Indonesia untuk berkarya demi ibu pertiwi tercinta. Terbanglah tinggi untuk mencapai asa dan jangan pernah menyerah.

Kontributor: Edi Sutono, M.Pd

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *