GUBERNUR RIAU MENGUNJUNGI SMA NEGERI PLUS PROVINSI RIAU

Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri Plus Provinsi Riau menggelar halal bihalal bertempat di SMA Negeri Plus Provinsi, Ahad (9/6/2019) pagi. Tahun ini sangat istimewa karena Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar hadir dan berbaur dengan seluruh majelis guru dan juga para alumni SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Halal bihalal yang diadakan oleh IKA SMAN Plus adalah rutinitas tiap tahun dengan tujuan mempererat silaturahmi antar alumni. Harapannya, hadir pula solusi bagi daerah, Riau dan daerah asal masing-masing alumni. Perlu diketahui, setiap tahunnya SMAN Plus Riau menerima siswa pilihan dari 12 perwakilan kabupaten/kota se-provinsi Riau.
Dalam sambutannya, Drs. H. Syamsuar sempat bercerita tentang masa lalunya, pada masa awal berdirinya SMAN Plus beliau menginginkan anaknya untuk bersekolah di SMAN Plus. Dengan posisi sebagai Bupati Siak saat itu, tentu hal itu mudah memasukkan anaknya. Tapi beliau memilih untuk tidak memaksa anaknya dan tidak intervensi dalam proses pilihan dan penyeleksian sekolah. Integritas yang dimulai dari pilihan kecil dalam hidupnya.
“Kita bersyukur adanya SMAN Plus ini. Terima kasih kepada para pendahulu yang punya inisiatif mengawali ide sekolah ini. Kepada para alumni, jasa SMA ini tidak boleh dilupakan,” pesan Syamsuar. Sebagai informasi sejarah, beberapa pendiri SMAN Plus Riau adalah rigjen TNI (Pur.) H. Saleh Djasit, SH  (Gubernur Riau 1998-2003) dan Letjen TNI Syarwan Hamid (Menteri Dalam Negeri 1998-1999).
Potensi alumni SMAN Plus memang besar. Dengan total 1700an yang tersebar lintas daerah dan profesi, kolaborasi untuk berinovasi bagi negeri adalah kunci. Secara umum SDM Riau berkualitas. Tapi banyak yang tidak mengabdi bagi Riau. Bisa jadi karena pemerintah provinsi yang tidak memberikan kesempatan.
Drs.H.Syamsuar juga sempat menyampaikan apa yang dilakukan di pemerintahan Siak sebelumnya. Dengan menghadirkan beasiswa pendidikan dalam dan luar negeri adalah bukti untuk peningkatan pendidikan daerah. Tujuannya tentu saja kontribusi bagi daerah. Jika memang tidak ada jaminan jalan, berkiprah di luar tentu saja menjadi altetnatif. Dan itu bukan sebuah kesalahan.
“Jangan lupa mendoakan guru selain orang tua. Saya juga, tak lupa mendoakan guru. Karena atas pencapaian kita selama ini, pasti ada peran mereka,” pinta Gubernur. 
Sementara Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau, Drs.H.A.Rivai, M.Pd dalam sambutannya sangat mengapresiasi kedatangan Gubernur Provinsi Riau yang telah meluangkan waktu khusus untuk datang dan berkunjung ke SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Beliau menyatakan bahwa Bapak Drs.H. Syamsuar bukan hanya sosok pemimpin yang rendah hati, melainkan juga sebagai panutan untuk semua orang tua dimana beliau sebagai sosok yang mempunyai “power” tidak akan pernah memaksakan kehendak untuk memasukkan anak beliau ke SMA Negeri Plus Provinsi Riau kalau pada akhirnya akan merusak tatanan sekolah yang sudah ada. Selain itu,  dalam sambutannya Drs. H.Rivai, M.Pd memberikan semangat buat para alumni dan juga seluruh siswa SMA Negeri Plus Provinsi Riau bahwa dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0 kita harus dibekali kemampuan “communication”, “critical thinking dan problem solving”, “collaboration”, dan “ creativity and innovation”. Kemudian harus di support dengan commitment yg tinggi baik dari masyarakat, pemerintah , dan stake holder.
Usai halal bihalal bersama Gubernur Drs Syamsuar, bersama beberapa jajarannya langsung berkeliling SMA Negeri Plus Provinsi Riau yang didampingi langsung oleh Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Luas SMA Negeri Plus yang berkisar 10 hektar menjadi perhatian khusus Gubernur  untuk mengembangkan SMA Negeri Plus agar lebih baik lagi ke depan. Beliau juga berjanji akan membentuk tim khusus yang bekerja dan “concern” untuk SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Sementara Gubernur meninjau dan mengelilingi SMA Negeri Plus, para alumi SMA Negeri Plus yang tergabung Ikatan Alumni SMAN Plus Riau melanjutkan acara Musyawarah Besar VII pada Ahad, 9 Juni 2019. Tujuan utama Mubes IKA SMAN Plus ini adalah, memusyawarahkan AD/ART organisasi dan Memilih ketua alumni baru yang akan membersamai 19 generasi yang sudah lulus dari sekolah unggulan di Riau ini.
Pada Mubes tahun ini, terpilihlah Barika Harma dari Generasi 5 yang memimpin selama 2019-2023. Barika sendiri adalah Prajurit TNI AU berpangkat Kapten Penerbang Pesawat Tempur F16 di Skuadron Udara 16 yang bertugas di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.
Kapten Barika tercatat sebagai pilot pengaman wilayah udara NKRI yang pernah mencatatkan prestasi menurunkan pesawat asal Ethiopia yang melintasi wilayah udara NKRI tanpa izin di Batam tempohari.
Kapten Barika terpilih dan menggantikan ketua alumni sebelumnya, Husnul Kausarian PhD yang juga menjadi Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama UIR. Sebelum pemilihan ketua alumni, Husnul Kausarian selaku ketua alumni sebelumnya secara resmi menyerahkan buku karya alumni kepada Gubernur Riau. Buku yang berjudul Plus! ini adalah kumpulan tulisan alumni SMAN Plus yang mengangkat kisah, sejarah, dan filosofi kehidupan yang dipelajari selama bersekolah yang diserahkan pada saat berlangsungnya Halal bi halal bersama Gubernur Riau, Alumni dan Guru-Guru SMAN Plus Provinsi Riau.
Estafet kepemimpinan alumni akan terus dilanjutkan. Program rutin yang terlaksana tiap tahunnya bagi almamater dan masyarakat antara lain, Plus untuk Negeri, Family Gathering Day, dan IKA Goes To School.
“Selanjutnya saya mulai menyusun kepengurusan IKA dengan merangkul seluruh potensi anggota dari seluruh generasi agar dapat berkontribusi secara optimal bagi perencanaan dan pelaksanan program kerja IKA ke depan,” kata Barika.
Sementara itu, Gubernur Riau Drs H Syamsuar mengucapkan tahniah kepada Kapten Barika Harma yang sudah terpilih menjadi ketua IKA SMAN Plus. Harapan Syamsuar, agar ke depan organisasi ini lebih baik lagi. “Kita juga berharap IKA SMAN Plus bisa berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau dengan memberi masukan dan ide-ide cemerlang dalam upaya membangun Riau lebih baik,” ucap sang Gubernur. 
2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *