Apa itu sekolah terbaik

Dengan pendidikan yang layak, manusia akan berkembang seiring dengan berkembangnya zaman yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan seseorang untuk bertahan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Karena alasan itulah, pendidikan menjadi salah satu kebutuhan hidup yang tak jauh beda dengan kebutuhan akan makan dan minum. Sudah seharusnya seseorang melanjutkan pendidikannya bila perlu hingga ke tingkat yang tertinggi.

Idealnya, pendidikan berfokus pada pembentukan individu menjadi pribadi yang unggul, yaitu cerdas secara IQ dan berakhlak mulia. Ini semua tercantum bahkan dalam undang-undang dasar. Tetapi pada implementasinya, tidak semua bisa mengenyam pendidikan sebagaimana idealnya.
Demi mencerdaskan anak bangsa, Pemerintah secara terus-menerus memperbaiki kurikulum seiring dengan tuntutan zaman. Dalam praktiknya, beberapa sekolah menyebutnya secara unik dengan istilah masing-masing. Ada Nasional Plus (NasPlus), Nasional, dan Internasional. Penyebutan ini dimaksudkan untuk memberikan garis pembeda antara kurikulum.

Namun, apakah benar-benar berbeda? Lalu, ke mana output-nya setelah menyelesaikan pendidikan dengan aneka istilah penyebutan kurikulum tersebut? Serta pendidikan seperti apa yang terbaik? Ulasan berikut ini akan memberikan gambaran lengkap pemahaman berbagai istilah kurikulum tersebut.
Sejak zaman Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, pendidikan di Indonesia telah menganut apa yang disebut dengan istilah kurikulum Nasional. Kurikulum ini berkembang di sekolah-sekolah umum mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi.

Sempat ada isu negatif yang menuding kurikulum ini jadi penyebab anak seperti dibonsai dan hanya diajarkan untuk menyerap pelajaran berbasis ilmu pengetahuan semata. Hingga pada akhirnya munculah pendidikan alternatif yang menyebut dirinya sebagai sekolah nasional plus atau nasplus.

Sementara itu, perkembangan zaman yang cepat membutuhkan kurikulum yang dinamis dan bisa menjawab tantangan globalisasi. Oleh karenanya, saat ini berkembanglah kurikulum Internasional yang menganut berbagai standar dunia global di dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/manakah-yang-terbaik-sekolah-nasional-nasional-plus-atau-internasional

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *